Kerjasama

Desa Tarikolot bekerjasama dengan banyak pihak demi terwujudnya desa mandiri.  Kami bekerjasama dalam banyak bidang untuk mendukung proses pembangunan desa ke arah yang lebih baik.

CSR PT.INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk.

Strategi Pelaksanaan Program CSR

Pada hakekatnya CSR telah menjadi nilai yang melandasi aktivitas Perseroan secara umum. CSR menjadi pijakan komprehensif dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Oleh karena itu dalam menjalankan program CSR, Perseroan telah menetapkan 5 (lima) pilar dan Program Pembangunan Berkelanjutan, yaitu : pendidikan; kesehatan; ekonomi; sosial-budaya, agama, pemuda dan olahraga (sosbudagor); dan keamanan; serta Program khusus yang disebut Program Pengembangan Berkelanjutan (SDP), yang antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan. 

Yayasan Dharma Bhakti Astra

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) merupakan yayasan yang didirikan oleh William Soeryadjaya pada 1980

 dengan filosofi “Berikan Kail Bukan Ikan”. Sepanjang 38 tahun perjalanannya, YDBA telah membina 10.894 UMKM yang tersebar di Indonesia salah satunya di Desa Tarikolot. 

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. 

UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Salah satu kegiatannya adalah Praktek Belajar Lapangan di Desa Tarikolot.

( SIPBM ) Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat

program SIPBM adalah pelibatan masyarakat lokal dalam proses penyusunan rencana, pelaksanaan, tindak lanjut dan pemanfaatan hasil pendataan. Selain itu, SIPBM disebut sebagai program pendataan berbasis aksi. Data yang dikumpulkan bersumber dari masyarakat yang dilakukan dengan metode sensus oleh masyarakat lokal atas satuan wilayah administratuf tertentu dan unit analisisnya adalah keluarga. Hasil pendataan tersebut nantinya akan digunakan oleh guna dalam penyusunan RPJMDes bersama masyarakat di Desanya.

Sanitasi dan Air Bersih

Melalui program Indonesian Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH, 2010-2016) dan IUWASH Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS, 2016-2021), USAID memberikan dukungan bagi upaya Pemerintah Indonesia untuk membuat kemajuan yang signifikan dalam mencapai akses universal air minum dan sanitasi.

PuskoMedia Indonesia

PT Puskomedia Indonesia Kreatif adalah perusahaan pengembang aplikasi dan website yang berpengalaman dalam melakukan pendampingan TIK di desa.

PuskoMedia Indonesia bersama dengan pemerintah desa berkolaborasi untuk mewujudkan keterbukaan informasi serta desa yang mandiri dan inovatif.

Panda SID

Sistem Informasi Desa (SID) Panda adalah salah satu aplikasi Sistem Informasi Desa terintegrasi dengan sistem layanan publik. Panda membantu implementasi bagian Ketiga UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Pemerintah desa menggunakan Panda SID untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat dan efisien. Dengan harapan warga dapat secara langsung merasakan manfaat digunakannya TIK dalam pelayanan desa sehari-hari.

Gerakan Desa Membangun

Gerakan Desa Membangun (GDM) tercetus pada 24 Desember 2011 di Desa Melung – Banyumas. GDM menempatkan desa sebagai kesatuan wilayah hukum yang berhak mengatur rumah tangga sendiri.

Semangat itu menginspirasi desa-desa untuk melakukan gerakan secara kolektif, maka lahirlah Gerakan Desa Membangun (GDM). GDM merupakan inisiatif kolektif desa-desa untuk mengelola sumber daya desa dan tata pemerintahan yang baik. Gerakan ini lahir sebagai kritik atas praktik pembangunan perdesaan yang cenderung dari atas ke bawah (top down) dibanding dari bawah ke atas (bottom up).