Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis Data SIPBM

Pemerintah Desa bersama masyarakat bekerja bersama untuk memajukan Desa melalui Perencanaan yang baik berbasis data SIPBM hasil kerjamasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dan UNICEF Kedepannya Perencanaan yang kami lakukan di Desa Kami tidak hanya mengedepankan Kegiatan Pembangunan Fisik Tetapi juga melaksanakan pembangunan Layanan sosial dasar lainnya meliputi bidang kesehatan dan Pendidikan.

Perencanaan

Pemerintah Desa menyusun perencanaan pembangunan Desa sesuai dengan kewenangannya dengan dibantu data SIPBM dan mengacu pada perencanaan pembangunan kabupaten.

Data SIPBM di gunakan dalam proses perencanaan pembangunan Desa, dimana sebelumnya Desa kami fokus di Infrastruktur, Setelah adanya data SIPBM Program pembangunan di Desa kami menjadi lebih variatif, diantaranya Program Kesehatan masyarakat seperti penanggulangan stunting, Imunisasi Balita, Penataan Sanitasi, dan Bantuan Sarana Air Bersih. Kemudian ada program pendidikan seperti pengembalian anak putus sekolah ke sekolah, Beasiswa pendidikan sekolah paket A, B maupun C. 

Transparansi

Alokasi dana pembangunan Desa diumumkan secara transparan pada publik, khususnya warga Desa kami.

Dengan adanya data SIPBM Dana Desa dapat kami gunakan secara lebih efektif dan efisien. Karena Program – Program yang dilaksanakan oleh pemerintahan Desa dapat terukur dan Tepat sasaran.

Monitoring

Data SIPBM dapat mempermudah proses Monitoring Pemerintah Desa.

Hasil pelaksanaan program Рprogram yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa dengan bantuan data  SIPBM dapat diketahui progres penyelesaian suatu masalah yang ada di Desa dengan mudah dan terukur perkembangannya dengan akurat.

Dokumentasi Kegiatan SIPBM

BERIKUT INI DATA – DATA YANG DIKUMPULKAN DARI PENDATAAN SIPBM